Breaking News
Loading...

Cara Menulis Artikel Yang Baik Dan Benar

2:50 pm

Konten adalah raja. Kutipan ini bukan hanya isapan jempol belaka, tapi benar adanya. Sebuah blog atau website tentu tidak pernah lepas dari yang namanya konten. konten merupakan poin penting untuk menggaet visitor atau pengunjung ke blog/website kita. Logikanya, semakin banyak dan semakin bagus konten yang ada di blog kita, maka semakin banyak pula jumlah traffic / visitor  yang akan berkunjung ke blog atau website kita. Konten tidak hanya berfokus pada satu bidang, konten bisa bermacam-macam. Salah satu content yang paling penting dalam sebuah website / blog adalah artikel.


Langsung saja ke TKP :

  • Buat Judul atau Headline artikel yang menarik dan kreatif. Judul atau headline yang menarik akan memungkinkan pembacanya penasaran dengan keseluruhan dari artikel yang tersebut. Jangan hanya terpaku pada keyword saja, keyword memang penting tetapi justru hal itu  akan mengurangi nilai dan kualitas dari artikel tersebut. Usahakan juga buat se-provokatif mungkin sehingga lebih meninggalkan kesan penasaran ke pembacanya.
  • Gunakan Paragraph, Justify (Rata kanan-kiri), bullet atau pendukung lainnya.sehingga artikel yang ditampilkan terlihat rapi. Jika perlu pergunakan juga penulisan dengan format Bold ( huruf tebal ), Italic ( huruf miring ) dan Underline ( garis bawah ) pada kalimat atau kata-kata yang di anggap penting. dan Jangan lupa juga beri jarak antar paragraph sehingga tulisan artikel tidak tampak berdesakan.
  • Gunakan istilah dan tata bahasa yang mudah dicerna. Tata bahasa yang berbelit-belit biasanya akan membuat pembacanya merasa bosan karena tidak langsung ke pokok persoalan yang mereka butuhkan. Untuk  Penggunaan istilah baru atau yang kurang umum hendaknya diberi penjelasan tambahan berupa kurung buka dan kurung tutup sehingga pembaca menjadi lebih mengerti dengan apa yang dimaksud.
  • Buatlah artikel yang isinya dapat membuat pembacanya merasa terkesan. Dan seakan-akan dia yang mengalaminya. Gunakan metafora dan deskripsi yang jelas, jangan terlalu berlebihan. Apabila di butuhkan gunakan gambar untuk mendeskripsikan  sehingga pembaca lebih mudah untuk mencernanya
  • Nah, yang terakhir merupakan poin penting nih, Tulislah Artikel yang merupakan hasil Kreatifitas dan ide sendiri dan bukan hasil dari copy paste. Hasil copy paste biasanya mengurangi nilai kredibilitas blog di mata pembaca. Kesannya mungkin seperti ini "kalau cuman copy paste saja, saya pun juga bisa posting seperti itu".  Kalau mau mengcopy usahakan jangan keseluruhan, tapi carilah point-point yang kalian anggap penting saja kemudian tulislah dengan gaya bahasa kalian sendiri.


Semoga Bermanfaat

11 Comment:

  1. Ini baru artikel bermanfaat dan berkualitas

    ReplyDelete
  2. akhrinya nemu juga, ini yang saya cari, saya ingin memperbaiki tulisan saya selama ini

    ReplyDelete
  3. Nice post, sangat bermanfaat buat pemula seperti saya


    Download Game dan Software
    www.gameisoft.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. Okay, sekarang saya akan berusaha menulis dengan baik :D

    ReplyDelete
  5. Wah jadi terinspirasi nih sangat bermanfaat gan

    ReplyDelete
  6. Semenjak baca ini,banyak kesalahan ane saat menulis artikel kwkwkwkw Ane gak ngulangin lagi deh :-d

    ReplyDelete
  7. berguna banget gan karna ane juga lagi belajar nulis artikel :)

    ReplyDelete
  8. newbie nih, langsung bertindak dan ke TKP :-), makasih artikel yang bermanfaat

    ReplyDelete
  9. Nice banget. mantap artikelnya

    ReplyDelete

- - - - - - No Spam - - Bebas Asal sopan - - Berkomentar Sesuai Artikel - - Dilarang Memakai Link ( Aktif / Mati ) - - - - - -

 
Back to top