Bahaya Mengupil



Bagi beberapa orang mengupil adalah kegiatan yang mengasyikkan atau menyenangkan. Tapi mengupil terlalu sering ternyata bisa berbahaya bagi kesehatan dan tubuh seseorang.

Berdasarkan survei yang dilakukan oleh tim peneliti dari Wisconsin dengan melibatkan 200 partisipan, diketahui bahwa rata-rata seseorang mengupil sebanyak 4 kali sehari yang dilakukan saat sedang senggang atau santai.

Mengupil adalah kegiatan yang positif karena membantu membersihkan hidung dari kotoran atau benda asing yang masuk dengan menggunakan jari. Meskipun kegiatan yang umum, tapi bagi budaya tertentu cenderung tabu karena bisa menimbulkan perasaan jijik dan geli.

Upil yang ada di hidung sebenarnya terbentuk dari lendir yang mengering. Membran mukosa di rongga hidung akan terus menerus menghasilkan lendir basah yang berfungsi menghilangkan debu dan benda-benda asing lainnya yang masuk ke hidung. Lendir yang mengering ini akan menyebabkan sensasi iritasi yang kadang menimbulkan rasa gatal dan memicu orang untuk mengupil.

Seperti dikutip dari eHow, ada beberapa alasan yang membuat seseorang harus mengupil, yaitu:

Sedang bengong atau memikirkan sesuatu
Penyebab paling umum orang mengupil terjadi ketika seseorang sedang tidak memikirkan apa-apa, bingung atau bosan. Tindakan ini hampir sama dengan kebiasaan menggigit kuku atau mengisap jempol, karenanya tak jarang orang tanpa sadar melakukannya di depan umum.

Menghilangkan iritasi
Hidung memiliki kecenderungan menjadi kering dan teriritasi oleh hal-hal seperti alergi, bahan kimia dan polusi udara. Saat hidung mengalami iritasi, maka akan timbul rasa gatal dan keinginan untuk menggaruk melalui cara mengupil.

Untuk menghilangkan sekresi hidung
Ketika sedang pilek, infeksi sinus dan alergi bisa menyebabkan sekresi hidung atau lendir meningkat. Sekresi ini seiring waktu akan mengering yang membuat seseorang sulit bernapas. Karenanya seseorang akan mengupil untuk membuat napasnya lega dan menghilangkan penumpukan lendir.

Gangguan obsesif-kompulsif
Salah satu tanda gangguan obsesif kompulsif adalah suka mengupil yang disebut dengan rhinotillexomania. Mengupil dilakukan untuk meringankan perasaan-perasaan negatif yang mengganggu pikirannya, karenanya seringkali ia mengupil di depan umum dan tidak melihat kondisi di sekitarnya. Orang dengan gangguan ini membutuhkan bantuan medis atau psikolog.

Satu hal yang pasti adalah selalu mencuci tangan sebelum dan sesudah mengupil, memotong kuku dan jangan menarik upil terlalu keras agar tidak melukai lapisan di dalam hidung.

Tapi jika seseorang terlalu sering mengupil bisa menyebabkan hidung menjadi kering yang dapat memicu perdarahan. Hal ini karena secara alami hidung tetap membutuhkan pelumas setiap saat untuk mencegahnya dari kekeringan.

Sedangkan jika seseorang jarang mengupil, maka lendir yang bercampur dengan kotoran tersebut akan semakin mengeras yang menghambat pernapasan (sulit bernapas) serta membuat hidung tidak lagi bisa efektif menyaring benda-benda asing dari luar.

Akibat keseringan mengupil adalah:

1. Mudah terkena flu
Virus flu bisa melewati selaput lendir yang salah satunya terdapat di dalam hidung. Memasukkan jari-jari yang terkontaminasi virus ini ke dalam hidung bisa menyebabkan seseorang terkena flu yang disebabkan oleh diri sendiri. Dalam beberapa hari ke depan, seseorang bisa saja mengalami flu, tenggorokan gatal dan serangan bersin-bersin.

2. Mimisan
Jika terlalu sering mengupil atau mengupil dengan keras bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan di hidung yang berfungsi melindungi tubuh dari bakteri dan benda-benda asing di udara, sehingga memicu terjadinya mimisan.

3. Infeksi
Selain infeksi virus flu, terlalu sering mengupil menyebabkan kuman dan bakteri lebih mudah masuk ke hidung dan menyebar ke bagian tubuh lain.

4. Merontokkan rambut hidung
Ketika mengupil secara konsisten dna terus menerus akan menyebabkan rambut hidung rontok. Padahal rambut ini memiliki fungsi penting untuk menyaring debu dan polutan di udara. Tanpa rambut hidung akan membuka jalan bagi semua jenis penyakit dan infeksi masuk ke dalam tubuh.

5. Bisa meninggal
Kondisi ini bisa terjadi jika seseorang berusaha mengeluarkan upil yang besar. Karena di dalam hidung ada tulang yang disebut tulang ethmoid, tulang ini memisahkan hidung dari otak. Jika saat mengupil seseorang menusuk tulang ini, maka cairan di otak bisa bocor yang menyebabkan meningitis.



Semoga Bermanfaat

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami


Jerawat ini umumnya muncul ketika seseorang menginjak usia puber. Namun tak jarang juga yang masih harus bergelut dengan jerawat hingga usia dewasa. Penyebab jerawat itu sendiri bisa berasal dari berbagai faktor, mulai dari faktor internal sampai faktor eksternal tubuh kita sendiri. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkannya :

Menghilangkan jerawat dari dalam :

Secara alami, tubuh kita menghasilkan minyak untuk menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Namun jika tubuh menghasilkan minyak berlebih, maka yang terjadi adalah jerawat mudah tumbuh pada kulit berminyak. Lakukan langkah berikut:

1. Hindari makanan berlemak

Hindari makanan kaya lemak seperti, kacang-kacangan, yoghurt, coklat, dan makanan berlemak lainya. Makanan yang mengandung banyak lemak jika dikonsumsi berlebihan akan menjadikanntubuh memproduksi minyak berlebih. Hal tersebut juga berdampak pada kulit, minyak berlebih pada kulit akan menyumbat pori-pori kulit yang akhirnya membentuk gumpalan dan mengundang bakteri Propionibacterium Acnes, bakteri penyebab jerawat.

2. Konsumsi makanan berserat

Makanan yang mengandung banyak serat baik itu buah-buahan maupun sayuran akan membantu tubuh melarutkan lemak jahat pada tubuh. Sehingga kadar minyak berlebih yang dihasilkan tubuh pun berkurang, tentu saja minyak pada kulit pun berkurang.

3. Minum lebih banyak air putih

Air putih sangat baik untuk kulit dan kesehatan tubuh. Air putih membantu menjaga metabolisme tubuh dan yang terpenting membantu proses regenerasi sel kulit. Dengan meminum lebih banyak air putih, akan membersihkan kotoran dalam tubuh yang bisa menyebabkan jerawat.



Menghilangkan jerawat dari luar :

1. Madu

Sudah menjadi rahasia umum cairan dengan begitu banyak manfaat ini juga bermanfaat untuk menghilangkan jerawat. Berbagai penelitian membuktikan bahwa madu terbukti berkhasiat menyembuhkan beragam penyakit dan juga mampu membasmi berjerawat. Cara menggunakanyan sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan madu pada kulit yang berjerawat. Lakukan hal tersebut dengan menggunakan kapas dan diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air putih hingga bersih.

2. Kulit Jeruk dan Lemon

Kulit jeruk dan lemon memiliki khasiat untuk menghilangkan jerawat. Bahkan obat jerawat yang tersedia dipasaran pun banyak yang menggunakan jeruk dan lemon sebagai bahan. menggunakanya cukup mudah, yaitu dengan menumbuk kulit jeruk sampai halus kemudian campur sedikit air. Hasil campuran tersebut bisa dioleskan pada bagian yang berjerawat. Untuk hasil yang maksimal sebaiknya di biarkan hingga 10-15 menit sebelum dibilas dengan air bersih.

3. Mentimun 

Meski jenis buah ini mudah ditemukan dan harganya sangat murah ternyata mengandung zat yang bermanfaat bagi tubuh termasuk untuk mengatasi jerawat. Anda bisa melakukan dengan cara mengiris lalu menempelkan pada bagian yang terkena dan fungsinya untuk untuk memberikan efek sejuk pada bagian kulit yang meradang, setelah 15 menit kemudian cuci dengan air bersih.


4. Pepaya

Kandungan vitamin pada buah pepaya sangat baik untuk kulit. Namun masih jarang yang memanfaatkan untuk mengobati jerawat dikarenakan aromanya.  Caranya cukup mudah, blender pepaya sesuai kebutuhan, kemudian oleskan pepaya hasil blender tadi pada wajah selama 20 menit selanjutnya bersihkan dengan air.

5. Putih Telur

Cara menghilangkan jerawat yang ini cukup mudah dan murah, yaitu memanfaatkan telur. Putih telur sangat baik untuk pengobatan jerawat jika digunakan sebagai masker. Caranya cukup mudah, siapkan sebutir telur, ambil putihnya dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih.


Semoga Bermanfaat

Cara Agar Blog Tampil Di Halaman Pertama Google



Sebagai seorang blogger, kita selalu berusaha untuk menampilkan artikel terbaik kita pada halaman pertama google. Tidak bisa dipungkiri, Google merupakan Search Engine yang paling Top pada saat ini. Dengan menampilkan artikel kita di halaman pertama, berarti kesempatan artikel kita untuk dibaca oleh para netter sangat besar sekali. Artikel kita tidak perlu tampil di nomor 1 halaman pertama, menurut saya yang paling penting adalah tampil dihalaman pertama dan berada di urutan no. 1 sampai  no. 5 (Top 5). Maka kesempatan untuk dibaca oleh para pencari informasi akan sangat besar sekali. Saat ini, 50% pengunjung Blog (sumber traffic) saya adalah berasal dari Google.

Teknik untuk mencapai Halaman Pertama Google ini sering disebut dengan Teknik Optimasi SEO.
Apa itu SEO?
SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization yang artinya adalah peng-optimasi-an blog kita untuk Search Engine.

Untuk mencapai halaman pertama, tentunya tidak mudah dan perlu perjuangan yang sangat besar. Apalagi bagi kita yang kerja sendirian, selain harus pikirkan isi blog, juga harus lakukan promosi dan marketing untuk blog kita. Inilah yang saya alami sendiri. Karena yang menulis Blog bukan hanya kita, tetapi beribu-ribu blogger lainnya yang menuliskan topik yang sama dengan blog kita. Artinya banyak sekali pesaingnya.
Singkat cerita, berikut ini beberapa cara yang pernah saya lakukan agar artikel saya dapat mencapai halaman pertama Google dan tentunya masih belum sempurna. Masih banyak yang harus saya pelajari lagi. Ini hanya sekedar sharing saya .....

1. Submit Blog Anda ke Webmaster Google
Menurut saya, ini merupakan langkah yang wajib. Kita harus melakukan pendaftaran ke Webmaster Google supaya Google tahu akan keberadaan Blog kita.

2. Submit Sitemap Blog anda ke Webmaster Google
Dengan melakukan pendaftaran Sitemap ke Webmaster Google, berarti kita mempermudah Google untuk mengetahui update terbaru blog kita. Karena Sitemap merupakan Daftar isi dari Blog kita.

3. SEO plugins untuk Wordpress
Jika anda menggunakan platform Wordpress, instalasi plugins SEO merupakan keharusan. Plugins dapat mempermudahkan kita untuk mengisi Meta Description untuk artikel kita dan bahkan ada yang melakukan pemeriksaan optimasi SEO untuk artikel yang bersangkutan.
Plugins Wordpress yang dapat dipergunakan antara lain : Platinum SEO, All in One SEO dan Yoast SEO.

4. Penentuan Keyword
Keyword sangat penting dalam SEO. Keyword yang tepat dan sering dipakai oleh pencari informasi akan memperbesar harapan blog kita untuk dibaca. Anda dapat mengetahui Keyword mana yang paling banyak dicari oleh para netter di google melalui googlekeywordtool.com

5. Keyword Density
Keyword Density adalah kepadatan Keyword yang terdapat di artikel kita. Menurut hasil pencarian saya di beberapa sumber, rata-rata mereka me-rekomendasikan penggunaan kepadatan keyword sekitar 3 ~ 6% dalam satu artikel. Keyword yang kebanyakan akan membuahkan hasil yang terbalik. Google akan mengganggap artikel tersebut sebagai Spam dan juga artikel kita akan menjadi tidak enak dibaca oleh pengunjung. Anda dapat install Addons "SEOquake" untuk mengetahui density keyword artikel anda.

6. Keyword di Meta Description
Menurut beberapa sumber, Meta Decription sangat penting dalam SEO semenjak google menerapkan Panda. Jadi sebaiknya  di dalam Meta Description terdapat Keyword yang kita inginkan.

7.  Kecepatan Page Loading
Salah satu unsur penting dalam google adalah kecepatan loading halaman. Makin cepat makin baik. Anda dapat mengetahui performance blog anda di gtmetrix.com termasuk kecepatan loading halamannya.

8. Perbanyak Backlink
Meskipun menurut Google, Pagerank tidak akan menentukan ranking artikel kita di Search Engine Google. Tapi tetap saja backlink merupakan salah satu penentunya. Karena backlink dianggap sebagai Voting kepopuleran blog kita di mata SEO.



Semoga Bermanfaat

Cara Memilih Laptop Yang Baik



Teknologi semakin canggih, keberadaan laptop sangat mempermudah kita dalam melakukan aktivitas keperluan sehari-hari sampai berselancar di dunia maya sebagai pegangganti komputer. Karena bentuknya yang simpel dan mudah untuk dibawa kemana-mana.

Perkembangan jejaring sosial serta kebebasan orang untuk mengakses internet via wifi di ruang publik seperti mall, cafe, sekolah, kampus dan area internet lainnya mendorong orang untuk membeli laptop. Perlu diketahui banyak ragam dan jenis, tipe serta merk yang ditawarkan oleh produsen laptop dengan berbagai fitur-fitur yang menarik, oleh sebab itu kita harus cermat memilih laptop sesuai dengan kebutuhan kita mengingat laptop bukanlah barang yang murah. Berikut beberapa hal atau tips yang harus diperhatikan ketika hendak membeli sebuah laptop :

1. Pilih laptop yang bermerk, disini artinya merk laptop yang sudah terkenal, sudah teruji kualitasnya. Hal ini juga manjadi referensi karena biasanya merk identik dengan kualitas yang ditawarkan.

2. Mencari referensi harga, hal ini dapat dilakukan dengan cara browsing atau website toko yang menyediakan situs untuk layanan online dalam menentukan harga, fungsinya untuk menyesuaikan dengan dana dan kebutuhan laptop yang diinginkan. Selain itu sebagai tolak ukur saat membeli laptop.

3. Tentukan fungsinya, artinya nanti akan anda gunakan untuk apa. Apa untuk mengajar, untuk bermain game, membuat program atau mendesain, untuk keperluan kantor, atau untuk browsing dan chatting.

4. Jika laptop hanya digunakan untuk penunjang sarana mengajar seperti hanya untuk pengetikan, pengolahan data, office program yaitu word, powerpoint, presentasi dan lain-lain, maka sebaiknya laptop memiliki prosessor intel celeron dan RAM 128 MB keduanya sudah dapat memadai aktivitas tersebut.

5. Jika anda seorang programmer, desain grafis atau gamers sejati yang harus diperlukan laptop yang menitikberatkan pada kartu VGA dan memori yang handal. Gunakan laptop dengan kemampuan lebih tinggi dapat memilih dengan teknologi multi core dan berarsitektur 64 bit.

6. Laptop untuk seorang developer biasanya menggunakan aplikasi software developing oleh sebab itu membutuhkan resource yang cukup tinggi, selain disarankan untuk menggunakan teknologi multi core dan arsitektur 64 bit anda harus mempertimbangkan prosessor dan memori yang memiliki spesifikasi sangat tinggi karena aplikasi dan developing memiliki tools yang sangat banyak memakan memori.

7. Laptop hanya untuk dibawa berpergian, kegiatan mobile, melakukan aktivitas sehari-hari seperti kegiatan browsing, chatting, sebaiknya lebih memilih laptop para perangkat yang mampu bertahan lama seperti pada umur baterai, beban berat laptop, ukuran layar, dan fitur internal koneksi seperti modem, bluetooth, kabel data, WiFi serta webcam.

8. Pertimbangkan daya jual kembalinya, artinya jika laptop ingin dijual kembali yang perlu diperhatikan yaitu layanan garansi, tempat service resmi, dan kemudahan memperoleh spare part sehingga mudah mendapatkannya apabila terjadi kerusakan pada laptop kita. Dengan memilih laptop merk terkenal harga jualnya pun akan tetap tinggi.




Semoga Bermanfaat

Apakah Tukar Link Bermanfaat Untuk SEO?


Halo sahabat blogger semua?. Bagaimanakah kabar anda semua pada hari ini?. Pada kali ini PutuGiBagi memposting dan sekaligus berbagi Apakah Tukar Link Bermanfaat Untuk SEO Pada Blog?. Pada dasarnya tukar link adalah sebuah konsep yang diizinkan oleh Google, tapi syarat dan ketentuan berlaku. Kenapa diizinkan? Karena sebuah website yang profesional sekalipun terkadang masih melakukan tukar link dengan relasi bisnisnya.

Jadi yang dibenci Google bukan aktifitas tukar linknya, tapi motifasi yang keliru dari tukar link tersebut. Tukar link hanya diperbolehkan dengan tujuan membantu pengunjung halaman, dan bukan untuk mendorong peringkat. Singkat kata, tukar link dengan cara berlebihan tergolong ke dalam link scheme alias web spam. Itulah sebabnya Google menaruh 2 parameter untuk menentukan apakah tukar link itu bisa diterimanya atau tidak. Apa saja parameter tersebut?. Berikut ini dia!.
Apakah Tukar Link Bermanfaat Untuk SEO Pada Blog?

1. Tukar Link Jumlahnya Jangan Terlalu Berlebihan!
Kemarin saya baru diberi link yang mengantarkan saya ke sebuah halaman yang melakukan tukar link dengan ratusan blog. Jelas ini sudah sangat berlebihan, dan blog itu memang tidak akan ke mana-mana. Kebanyakan pelaku tukar link akan menemukan blognya kandas dalam hal jumlah pengunjung dari Google. Apa penyebab kandasnya? Itu ada kaitannya dengan parameter kedua di bawah ini.

2. Tukar Link harus menghubungkan halaman-halaman yang masih satu topik
Google akan menganggap aneh jika halaman tutorial SEO seperti blog saya ini bertukar link dengan blog resep masakan, atau bahkan dengan situs porno. Menurut Google itu tidak ada hubungannya, dan pada dasarnya link dari halaman yang tidak satu topik memang poinnya rendah. Pertanyaan yang muncul, "bukankah orang-orang yang mencari backlink dengan cara berkomentar juga menancapkan link pada halaman-halaman yang tidak satu topik". Tentu! itu benar sekali, dan sebagai akibatnya poin yang didapat tidak sebesar yang seharusnya.... jadi mencari link dengan cara berkomentar pun harus berkomentar yang banyak.
Perbedaan terbesar dari konsep KOMENTAR dengan saling TUKAR BACKLINK ada pada istilah "one way link" dan "reciprocal link". Link dengan cara berkomentar itu sifatnya one way link, sehingga Google hanya mengurangi poin link saja. Sedangkan tukar itu akan dianggap reciprocal, dan dengan demikian saudara dianggap berusaha mengklaim bahwa topik halaman saudara dan halaman partner saudara memang masih ada kaitannya. Dengan demikian Google tidak hanya sekedar mengurangi poin, tapi juga memproses "klaim" tanpa sadar tersebut. Apa yang terjadi saat Google memproses klaim tersebut? Suatu saat posisi ranking dari halaman kita akan kandas di tempat yang tidak maksimal. Kalau tidak paham, kita buat saja contoh kasus di mana saudara berusaha memburu kata kunci RESEP MASAKAN TRADISIONAL.
Bayangkan jika saudara bertukar link dengan 300 blog, maka bisa saja dari 300 blog itu ada 10 blog dengan tema otomotif. Itu artinya Google akan mengaktifkan co-citation yang menganggap blog anda dikutip berulang-ulang dengan sepengetahuan anda pada blog otomotif. Dengan prinsip dasar "SANGAT ANEH BLOG KULINER MENDAPAT TAUTAN DARI BLOG OTOMOTIF", dan sebaliknya .... "SANGAT ANEH BLOG KULINER PUNYA 10 TAUTAN KE SITUS OTOMOTIF". Maka link-link otomotif pada halaman saudara akan dianggap sebagai usaha saudara mempromosikan hal tersebut, dan tentu saja relevansi blog saudara untuk masalah kuliner akan jatuh bebas, dan anda tidak akan pernah merajai kata kunci tersebut sebelum mencabut link-link tersebut.


TUKAR LINK BUKAN STRATEGI JANGKA PANJANG!

Mesin pencari atau search engine menyukai situs dengan pertambahan backlink yang stabil. Padahal di satu sisi saudara tidak bisa terus menerus melakukan tukar link. Ada beberapa alasan saudara tidak bisa terus menerus melakukan tukar link:

1. Kalau link terus bertambah, maka konten halaman selain artikel akan terus bertambah. Misalnya anda tukar link dengan 500 blog, dan setiap link mempunyai 4 kata teks jangkar. Itu berarti jumlah kata dari hasil tukar link pada sidebar sudah mencapai 2000 kata. Apakah saudara sanggup membuat artikel yang lebih banyak dari 2000 kata setiap kali posting? Parahnya lagi kalau 2000 kata ini muncul di semua halaman, karena terpasang di sidebar....sedangkan artikel saudara panjangnya cuma 500-1000 kata saja.... itu berarti perjuangan menjadi juara 1 Google nyaris mustahil.

2. Google mengukur reputasi blog kita dengan pertambahan dan pengurangan backlink. Kalau suatu saat backlink sudah tidak bisa ditambah, karena memperberat waktu muat halaman maka kurva pertambahan akan terhenti. Apakah kurva pengurangan akan berhenti juga? Tidak! banyak blogger yang opportunis dan tidak jujur....link saudara bisa saja dihapusnya setelah 2 atau 3 bulan. Saat ini terjadi trafik blog akan mulai mengalami degradasi.

3. Dari ratusan partner link....apakah mereka semua bermain SEO yang bersih? Rasanya tidak.... tukar link saja sudah pelanggaran, jadi tidak ada jaminan mereka semua akan bermain bersih. Jika satu saja dari ratusan link di halaman saudara menuju ke sebuah blog yang terkena penalty Google, maka selamat...blog saudara juga akan terkena pengurangan poin sebagai sanksinya.
Jadi untuk saya pribadi, metode yang satu ini sangat riskan dan perlu pengawasan terus menerus. Jadi saya tidak merekomendasikan teman-teman blogger untuk mendapatkan backlink dengan cara yang satu ini, karena akan membuat blog saudara menjadi jauh dari istilah blog seo friendly. Tukar link itu lebih banyak masalah yang ditimbulkan daripada manfaatnya.


Semoga Bermanfaat