Breaking News
Loading...

Cara Mudah Mengahapus Virus Komputer

10:41 am



Virus di Komputer membuat kita menyebabkan masalah baru yang membuat semua sistem menjadi kacau balau. Belum lagi data-data yang sudah tersimpan malah hilang karena adanya virus yang muncul. Sungguh kerugian yang sangat besar jika itu memang terjadi, karena data pribadi yang telah lama disimpan hilang begitu saja. Bermacam virus mulai dari yang hanya mengisi kapasitas hardisk hingga menghilangkan data dan merusak aplikasi yang ada di komputer. Jika memang sudah meresahkan bisa mencoba beberapa trik yang dapat menghilangkan virus dengan mudah.


Cara menghapus virus di komputer yang pertama adalah scan komputer menggunakan antivirus yang bisa mendeteksi keberadaan virus pada registry sehingga kita pun bisa melihat dan mengetahui dimanakah data yang terkena virus. Pilih antivirus yang benar-benar bisa dipercaya, maksudnya bukan malah memberikan virus baru ketika di install.

Kita bisa membeli antivirus seperti eset dengan CD yang sudah siap jual di agen komputer, karena jika membeli CD yang asli maka akan mendapatkan kualitas yang benar-benar bisa menghapus virus dan menghentikan beberapa situs ketika sedang berkoneksi dengan internet,  namun jika ingin mendownload antivirus lebih baik jangan di blog seseorang karena biasanya blog itu malah memberikan virus yang dapat merusak komputer kita. Download lah di situs resmi atau lebih baik membeli lisencinya.

Cara selanjutnya bukalah msconfig.exe kemudian lihat start up. Cara ini hanya mendeteksi keberadaan virus, bukan membersihkannya. Ketika ada virus yang terlihat pada start up bisa kita centang lalu klik apply, maka akan terlihat dimana posisi virus berada. Kemudian buka registry editor dan lihat path virus dan cek file virus yang ada di command.

Langkahnya pada windows explore kita klik organizer dan pilih folder and search option, setelah itu pilih view dan hapus centang yang ada di hide protect operating system file. Jika sudah selesai lanjut ke windows save mode yang mana hanya file yang berisi virus saja dapat di eksekusi. Caranya restart komputer dan sebelum muncul starting windows klik F8 dan pilih windows save mode. Masuk ke msconfig.exe lalu hapus centangnya, kemudian regedit.exe dan hapus string virusnya dan hapuslah file induk virus. Setelah itu kembalikan ke asal windows normal.


Semoga Bermafaat

1 Comment:

  1. iya nih gan , bikin jengkel kalo ada virus di komputer kita :-b

    ReplyDelete

- - - - - - No Spam - - Bebas Asal sopan - - Berkomentar Sesuai Artikel - - Dilarang Memakai Link ( Aktif / Mati ) - - - - - -

 
Back to top